Tantangan Pendidikan di Era Disrupsi

Era disrupsi telah terjadi saat ini.

Dulu tidak pernah terbayangkan suatu perusahaan yang tidak memiliki armada, tidak memiliki supir, tidak memiliki lahan parkir akan bersaing dengan perusahaan taksi raksasa sekelas Bluebird. Perusahaan itu adalah Gojek, Grab dkk.

Tidak pernah terbayangkan pula suatu perusahaan yang tidak memiliki hotel, tidak memiliki karyawan hotel, tidak memiliki tour guide sendiri, akan menjadi perusahaan besar seperti Traveloka, Booking.com, pegipegi.com, atau pun AirBnB.

Tidak juga terbayangkan Supermarket besar seperti Ramayana ataupun Giant akan menutup beberapa gerainya, akibat terjadinya shifting market (perubahan pasar). Karena pasar berubah ke online shopping seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dll.

Lalu bagaimana tantangan dunia pendidikan di era disrupsi ini? Ada 3 tantangan dalam dunia pendidikan, yaitu:

  1. Kurikulum yang mampu membangun karakter siswa agar bisa hidup dalam zaman yang penuh kompleksitas dan ketidakpastian, tapi pada saat yang sama penuh dengan kesempatan. Ini adalah kurikulum yang dibangun oleh hati yang mengarah pada nilai-nilai kebaikan. Hati tidak boleh hilang dari siswa. Siswa bukan mesin ataupun robot.
  2. Perubahan paradigma mengajar. Saat ini hal-hal teknis dan ilmu pengetahuan bisa diambil dari internet. Guru diarahkan menggunakan berbagai sarana yang up to date dan mengikuti perkembangan teknologi
  3. Adanya Penilaian Akhir yang bisa memastikan semuanya berjalan sesuai standar dan tujuan yang ditetapkan.

Ketiga hal diataslah yang perlu dipikirkan oleh pembuat kebijakan dalam dunia pendidikan agar pendidikan di Indonesia bisa maju dan bersaing di era disrupsi ini.

Ketiga tantangan pendidikan di Era disrupsi perlu ditunjang oleh buku penunjang yang mumpuni. Buku Privat Matematika ini mencoba menjawab ketiga tantangan tersebut. Caranya adalah dengan menanamkan rasa percaya diri melalui pengajaran matematika secara bertahap dan penulisan yang sesuai dengan alur berpikir siswa. Sehingga siswa belajar dengan perasaan suka, karena mereka paham apa yang harus dilakukan dalam pengerjaan soal-soal. Eksplorasi terhadap pelajaran tetap bisa dilakukan siswa, karena standar jawaban dari soal-soal tersedia.

Terdapat 4 buku yang diterbitkan oleh PT Mawa Berkah Mandiri, yaitu 3 buku Seri: Yeaaayyy Aku Paham Matematika Kelas 7, Matematika Kelas 8 dan Matematika Kelas 9. serta 1 buku Yeaaayyy Aku Siap UNBK Matematika SMP/MTs dengan tambahan bonus 4 simulasi Soal UNBK. Harapan penulis semoga buku privat matematika ini dapat membantu pendidikan di Indonesia.

 

privatadmin

Buku Seri: Yeaaayyy Akhirnya Aku Paham Matematika terdiri dari: Buku Matematika Kelas 7 SMP/MTs Buku Matematika Kelas 8 SMP/MTs Buku Matematika Kelas 9 SMP/MTs Buku Seri: Yeaaayyy Akhirnya Aku Siap UNBK SMP/MTs Buku UNBK Matematika SMP/MTs

Leave a Reply

Close Menu
WhatsApp WhatsApp us